HOME AGAMA KABUPATEN TANAH DATAR


  • Rabu, 19 Februari 2020
Refreshing Menjelang Ujian, Sebanyak 200 Santriwan Ponpes Tahfiz Quran Syech Chatib Al Minangkabawi Kunjungi Istano Basa Pagaruyuang
Santriwan Ponpes Tahfizul Quran Syech Ahmad Chatib Al Minangkabawi, Koto Tuo Balai Gurah, Ampek Angkek, Agam, kunjungi Istano Basa Pagaruyuang

Batusangkar (Minangsatu) - Sebanyak 200 orang lebih Santriwan Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Syech Ahmad Chatib Al-Minang Kabawi, Koto Tuo Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Kunjungi Istano Basa Pagaruyung, Tanahdatar, Rabu (18/2) pagi.

Kepala Pengasuh Pondok Pesantren Ustad Afdhil mengatakan, kegiatan Rihlah atau Study Tour dilaksanakan bertujuan untuk memberikan penyegaran pada para sabtriwan, karena setiap hari mereka bergelut dengan hafalan Algur'an.

"Sesekali mereka juga butuh penyegaran, agar fikiran mereka bisa bertambah segar dan lebih semangat belajar Al Qur'an," kata Ustad Afdil.

Di samping itu, ucap Ustad Afdil, dalam waktu dekat para Santri akan mengahadapi ujian semester genap atau ujian naik kelas dan juga bagi santri kelas 9 dan 12 akan menghadapi ujian nasional.

"Maka dari itu perlu kiranya kita membawa anak anak berjalan jalan ketempat tempat wisata yang ada di Provinsi Sumatera Barat, salah satunnya Istano Basa Pagaruyung," tambahnya.

Disebutkan, dipilihnya Istano Basa Pagaurunyung sebagai salah satu tempat kunjungan wisata, karena daerah ini memiliki pemandangan alam yang indah, bagus dan sangat cocok untuk menyegarkan fikiran.

Di samping sebagai pusat kerajaan dan pusat perdagangan di Minangkabau, Istano Basa Pagaruyung dulunya juga dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran agama islam.

"Disini para santri bisa belajar dan lebih mengenal kebudayaan asal muasal kebudayaan Minangkabau," katanya.

Ia menambahkan, Pesantren Ahmad Chatib layak menjadi tujuan para orang tua sebagai tempat pendidikan anak-anak mereka. "Setidaknya ada beberapa keistimewaan, salah satunya, Alumni Pesantren Ahmad Chatib, banyak yang telah berhasil mencapai pendidikan di perguruan tinggi di Timur Tengah, bahkan ada yang telah mendapat beasiswa hingga S3," pungkasnya.


Wartawan : Zulhafni
Editor : sc.astra

Tag :#santriwanponpessyechalminangkabawi #istanobasapagaruyuang